Keindahan Ranu Kumbolo | Taman Nasional Bromo Semeru

Keindahan Ranu Kumbolo - Cantik! Itulah kata-kata yang pertama kali terucap saat memandangi Ranu Kumbolo. Danau yang ada di Gunung Semeru, Jawa Timur ini mampu membuat siapa pun yang memandangnya  jatuh cinta. Danaunya biru luas dan perbukitan hijau mengelilinginya, anda bisa juga melihat danau ini setelah dari kunjungan dari Wisata Bromo

Ketika mendaki Gunung Mahameru / Semeru yang berada di dua kabupaten sekaligus, yaitu Malang dan Lumajang, saya terkejut saat melihat sebuah danau. Sebuah danau yang indah dan jujur saja, sulit diungkapkan dengan kata-kata.

Ranu Kumbolo berada di ketinggian 2.400 mdpl ini adalah pelepas dahaga bagi para pendaki yang mendaki Gunung Semeru. Dari kaki Gunung Semeru, trekking ke Ranu Kumbolo bisa memakan waktu sekitar 3 hingga 4 jam. Dengan catatan, perjalanan mendakinya santai dan tidak buru-buru. ketika itu pun saya berjalan dengan penuh canda dan tawa bersama teman-teman.

Saat tiba di Ranu Kumbolo, saya benar-benar terkesima. Sebuah ciptaan Tuhan yang sangat sempurna. Danau biru luas yang tenang dan memantulkan bayangan yang ada di atasnya.
 Berdiri di Puncak Mahameru dan berdiri di depan Ranu Kumbolo merupakan pengalaman tiada dua dan tiada tara yang saya dapatkan. Siapkan stamina Anda mendaki Gunung Semeru dan siap-siap jatuh hati dengan Ranu Kumbolo. Ingat, jaga kebersihan ya !!!  untuk saling menjaga titipan tuhan yang dikhususkan untuk kita nikmati bersama.

Artikel terkait :