Goa di Gunung Widodaren, Pesona Lain Gunung Bromo

Goa di Gunung Widodaren, Pesona Lain Gunung Bromo - Bagi penikmat alam Indonesia, Gunung Bromo pasti sudah tidak asing lagi. Pemandangan cantik gunung di Jawa Timur ini sering kali diburu para wisatawan lokal maupun manca Negara. tetapi, di balik Hamparan lautan Pasir Bromo dan sekitar gunung bromo, terselip gua dengan mata air yang cantik, yaitu Widodaren.

Mungkin hampir dari semua wisatawan Bromo datang untuk menyaksikan 'negeri di atas awan' atau pemandangan sunset saja. Padahal bila Anda melihatnya lebih cermat lagi, terdapat banyak objek wisata yang dapat dijelajahi di sini. Salah satunya yang paling menarik adalah mata air di Gua Widodaren.

Gua ini tidak jauh dari kawah Gunung Bromo. Namun, kondisi medan yang sulit membuat gua ini tidak bisa dilalui dengan kendaraan apapun. Walau begitu, Gua Widodaren sangat cocok menjadi objek penjelajahan para penyuka wisata petualangan.

Untuk bisa sampai ke Gua Widodaren, Anda harus berjalan kaki selama 50 menit. Bagi yang sudah handal mendaki atau menuruni gunung, mungkin trek ini terbilang mudah. Akan tetapi, bagi Anda yang masih pemula, perjalanan ini bisa saja menjadi sangat melelahkan.

Perjalanan menuju mulut gua akan terbayar ketika Anda sampai di sana. Pemandangan yang indah sangat berbeda ketika Anda saksikan dari puncak Wisata Gunung Bromo. Tempat ini sebenarnya tidak terlihat seperti gua pada biasanya. Akan tetapi, masyarakat sekitar menyebutnya dengan nama gua.

Gua ini dijadikan sebagai lokasi pemujaan masyarakat Hindu Tengger. Di bibir gua, terdapat mata air yang mengalir cukup deras. Air tersebut dipercaya oleh masyarakat Suku Tengger sebagai air suci yang mampu menghasilkan panen yang melimpah. Selain itu, patung yang sering digunakan sebagai pemujaan umat Hindu juga berdiri kokoh di sini.

Selain mata air, bibir gua juga menarik karena pemandangannya. Gunung Bromo terlihat berbeda dari posisi ini. Belum lagi kabut yang menutupi badan gunung, sangat cantik untuk dijadikan target bidikan kamera.